Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap

Watak Dasar Bayi
yang lahir pada hari Minggu 19 September s/d Sabtu 25 September 2010

Selain berdasarkan Hari Kelahiran dan Pasaran Kelahiran, Watak Dasar Bayi dapat dikenali berdasarkan Wukunya. Ada 30 Wuku yang masing-masing Wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap Wuku berumur satu Minggu. Sehingga keseluruhan Wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 Minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang Wuku disebut Pawukon.
Bagi bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan, berdasarkan perhitungan bulan yang dihitung mulai dari Sabtu 18 September 2010 jam 18.00 atau jam 6 sore, sampai dengan Sabtu 25 September 2010, jam 18.00 atau jam 6 sore, masuk dalam wuku Watugunung. Dengan demikian watak dasar bayi yang lahir antara tanggal tersebut mempunyai watak dasar seperti yang ada pada Wuku Watugunug, yaitu:
  • Kelebihannya : teliti, hati-hati, mempunyai cita-citanya tinggi, romantis, senang mendoakan orang agar mendapat pengampunan.
  • Kelemahannya : pencemburu, sering gelisah, bimbang dan mudah tersinggung
  • Bencananya : karena penganiayaan.
  • Hari naas : tidak jelas.
  • Hari baik : tidak jelas.
Wuku Watugunung ini mengambil nama raja Gilingwesi yang mempunyai dua isteri yang bernama Dewi Sinta, dan Dewi Landhep dan mempunyai duapuluh tujuh anak. Keluarga besar Watugunung inilah yang kemudian dipakai sebagai nama-nama wuku yang berjumlah 30. Diawali dengan Wuku nomor satu : Dewi Sinta, Wuku nomor dua Dewi Landep, Wuku nomor tiga sampai wuku nomor 29 anak-anaknya dan wuku nomor 30 adalah Prabu Watugunung.

karya: herjaka HS

Penggambaran Wuku Watugunung adalah sebagai berikut:
Raden Watugunung (kiri) menghadap Batara Antaboga dan Nagagini.
Gambar Candhi di depan yakni senang semadi, meditasi dengan laku seperti pandhita
Pohonnya adalah pohon Wijayakusuma, bagus parasnya, tetapi tidak senang bergaul dengan orang banyak.
Burungnya adalah burung Gogik, mempunyai sifat pemalu.

Untuk mencegah agar terhindar dari celaka perlu mengupayakan slametan. Caranya adalah membuat nasi dan tumpeng lauknya ikan air tawar dan daging jenis burung ditambah buah-buahan, jadah, macam-macam bubur, serta sayur 9 macam, disertai doa keselamatan.
Selama 7 hari setelah selamatan yang bersangkutan tidak boleh diajak pergi ke arah Timur, karena Batara Kala yang digambarkan sebagai bencana bersemayam di Timur.
herjaka HS

Posting Komentar untuk "Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap "

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu