primbon Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap

Serial Primbon 144

Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 25 Desember s/d 1 Januari 2011




Penggambaran Wuku Mandasiya:
Raden Mandasiya (kiri) menghadap Batara Brahma
Pohon Asem dapat dipakai untuk berteduh dan berlindung
Burung Pelatuk Bawang menggambakan watak yang mempunyai pendirian yang kuat dan tidak sabaran.
Gedhong ada di depan menggambarkan bahwa hemat atas rejeki yang diperoleh
(karya herjaka HS)

Selain berdasarkan hari kelahiran dan pasaran kelahiran, watak dasar bayi dapat dikenali berdasarkan wukunya. Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap wuku berumur satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.
Bagi bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan, berdasarkan perhitungan bulan yang dihitung mulai dari Sabtu 25 Desember 2010 jam 18.00 atau jam 6 sore, sampai dengan Sabtu 1 Januari 2011, jam 18.00 atau jam 6 sore, masuk dalam wuku Mandasiya wuku yang berada pada urutan nomor empatbelas. Nama wuku Mandasiya mengambil nama dari anak Prabu Watugunung dan Dewi Sinta yang nomor duabelas. Wuku Mandasiya mempunyai watak dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  • Dewa yang menaungi wuku Mandasiya adalah Batara Brahma
  • Kelebihannya: mempunyai pendirian yang teguh dan kuat, dapat menjadi pelindung bagi orang-orang yang sedang susah. Cepat dalam bekerja, dan hemat dalam menggunakan hasil dari pekerjaannya. Penderma, terutama kalau dipuji. Baik keberuntungannya, murah rejekinya.
  • Kekurangannya: cepat marah dan pendendam.
  • Bencananya: terkena benda tajam atau terkena api
  • Hari naas: tidak jelas.
  • Hari baik: Sabtu Wage
Untuk mencegah agar terhindar dari celaka perlu mengupayakan slametan. Caranya adalah membuat sega abang (nasi merah) diliwet/dimasak dengan cara di-dang (memakai kukusan), lauknya daging ayam merah dan bayam merah, kembang setaman dan uang receh disertai doa keselamatan.
Selain itu, setelah slametan, selama 7 hari pada saat datangnya siklus hari wuku Mandasiya yang bersangkutan tidak boleh memanjat, karena letak Kala ada di atas.
herjaka HS

Posting Komentar untuk "primbon Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap "

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu