Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap

Wariagung (kiri) menghadap Batara Maharesi.
Burung betet terbang di atas pohon cemara
Di depan dan di belakang ada rumah gedong melambangkan pandai mencari rejeki dan
pandai pula menyimpannya
Umbul-umbul dibelakang melambangkan kebahagiaannya datang di hari tua
(karya herjaka HS)



Serial Primbon 138
Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 13 Nopember s/d 20 Nopember 2010

Selain berdasarkan hari kelahiran dan pasaran kelahiran, watak dasar bayi dapat dikenali berdasarkan wukunya. Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap wuku berumur satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.
Bagi bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan, berdasarkan perhitungan bulan yang dihitung mulai dari Sabtu 13 Nopember 2010 jam 18.00 atau jam 6 sore, sampai dengan Sabtu 20 Nopember 2010, jam 18.00 atau jam 6 sore, masuk dalam wuku Warigagung, wuku yang berada pada urutan nomor delapan. Nama Warigagung diambil dari nama anak prabu Watugunung dan Dewi Sinta yang nomor enam. Wuku Warigagung mempunyai watak dengan ciri-ciri sebagai berikut :
Ciri-ciri wuku Wariagung adalah sebagai berikut :
  • Dewa yang menaungi wuku Wariagung adalah Batara Maharesi
  • Kelebihannya: umumnya hemat, pandai mencari nafkah.
  • Kekurangannya: sombong, banyak bicara dan gumedhe atau merasa besar.
  • Kayunya adalah pohon cemara, perwatakannya angkuh. Orang yang bernaung di wuku Wariagung ini pada masa hidupnya mendapat beban yang berat.
  • Burungnya adalah burung Betet, rajin mencari rejeki.
  • Lambang wuku Wariagung adalah ketug lindu, artinya menjaga benar-benar akan sandang dan pangannya. Oleh karena kerja kerasnya, di hari tua akan menuai kebahagiaan dalam arti luas, digambarkan dengan rumah gedong di depan dan belakang.
  • Datangnya bahaya adalah dicelakai atau difitnah oleh keluarganya sendiri.
Hari naas : Minggu Legi,
Hari baik : tidak jelas.

Untuk mencegah agar terhindar dari celaka perlu mengupayakan slametan. Caranya adalah membuat nasi wuduk (nasi gurih) dang-dangan lauknya bebek putih dimasak gurih, dan nasi kuluban (gudangan) dengan lima macam sayurannya, disertai doa keselamatan.
Selain itu, selama 7 hari pada saat siklus wuku Warigagung tiba, yang bersangkutan tidak boleh berpergian ke arah utara karena letak Kala atau datangnya bahaya berada di utara menghadap ke selatan.
herjaka HS
dari berbagai sumber

Posting Komentar untuk "Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap "

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu