primbon Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap

Serial Primbon 145

Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 1 Januari 2011 sampai dengan 8 Januari 2011



Penggambaran Wuku Julungpujud:
Raden Julungpujud (kiri) menghadap Batara Guritna
Pohonnya adalah pohon Rembuyut
Burungnya adalah burung Pipit menggambakan baik bicaranya
Gunung menggambarkan tinggi cita-citanya, tidak mau kungkulan atau disaingi.
(karya herjaka HS)

Selain berdasarkan hari kelahiran dan pasaran kelahiran, watak dasar bayi dapat dikenali berdasarkan wukunya. Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap wuku berumur satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.

Bagi bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan, berdasarkan perhitungan bulan yang dihitung mulai dari Sabtu 1 Januari 2011 jam 18.00 atau jam 6 sore, sampai dengan Sabtu 8 Januari 2011, jam 18.00 atau jam 6 sore, masuk dalam wuku Julungpujut wuku yang berada pada urutan nomor limabelas. Nama wuku Julungpujut mengambil nama dari anak Prabu Watugunung dan Dewi Sinta yang nomor tigabelas. Wuku Julungpujut mempunyai watak dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  • Dewa yang menaungi wuku Julungpujud adalah Batara Guritna.
    Kebanyakan Wuku Julungpujud mempunyai tekad yang tinggi dalam meraih cita-cita, sehingga ia tidak suka ada orang lain yang melebihi dirinya.
  • Kelebihan Wuku Julungpujud : Rupawan suka bersolek, disenangi orang, biasanya memperoleh posisi yang baik.
  • Kekurangannya : Tidak suka disaingi, karena banyak disukai orang, jika tidak hati-hati dapat menjadi sombong dan selingkuh. Hatinya sering bersedih karena meratapi nasibnya. Nggrantes (terpukul) karena suatu berita yang sangat buruk.
  • Bencananya: terkena tenung, guna-guna atau sihir.
  • Hari naas: tidak jelas.
  • Hari baik: Senin Legi.
Untuk mencegah agar terhindar dari celaka perlu mengupayakan slametan. Caranya adalah membuat tumpeng dari nasi yang diliwet/dimasak dengan cara di-dang (memakai kukusan) lauknya daging ayam panggang dan sayuran sembilan macam, disertai doa keselamatan.
Selain itu, setelah slametan, selama 7 hari pada saat datangnya siklus hari Julungpujut, yang bersangkutan tidak boleh pergi ke arah Timur, karena letak Kala ada di Timur.
herjaka HS

Posting Komentar untuk "primbon Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap "

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu