WUKU WUYE Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap

WUKU WUYE
Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 19 Pebruari 2011 sampai dengan 26 Pebruari 2011




Watak seseorang terbentuk oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor bawaan, yaitu watak yang dibawa sejak bayi itu lahir. Watak bawaan ini banyak dipengaruhi berdasarkan hari kelahiran dan pasaran kelahiran. Dari hari dan pasaran kelahiran akan dikenali Wuku dan dari Wuku itulah akan dikenali karakter dan watak seseorang.
Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap wuku berumur satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.
Berdasarkan perhitungan bulan, bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan yang dihitung mulai dari hari Sabtu 19 Pebruari 2011 jam 6 sore, sampai dengan hari Sabtu 26 Pebruari 2011, jam 6 sore, masuk dalam wuku Wuye, wuku yang berada pada urutan nomor duapuluh dua. Nama wuku Wuye ini mengambil nama anak Prabu Watugunung dan Dewi Sinta yang nomor dua-puluh.

karya herjaka HS

Penggambaran Wuku Wuye adalah sebagai berikut:
Raden Wuye (kiri) menghadap Batara Kuwera yang sedang membawa keris terhunus.
Pohonnya adalah Pohon Tal
Burungnya adalah burung Gogik.
Ada gambar Gedhong ‘mlumah’ tergelimpang.

Perwatakan dan karakter Wuku Wuye adalah sesuai dengan penggambaran watak dari Batara Kuwera yaitu: pandai bicara, membuat senang orang lain, lebih senang menjauhi keramaian. Suka berolah keprajuritan.
Memegang keris ligan atau terhunus menggambarkan bahwa wuku Wuye ini cerdas perasaannya dan selalu waspada. Burung Gogik menggambarkan besar kecemburuannya dan kecurigaannya. Pohon Tal menggambarkan besar keberuntungannya dan panjang umurnya. Gedong tergelimpang menggambarkan rela dan ikhlas akan harta benda miliknya.
  • Kelemahannya : cugetan aten atau gampang mutung, mudah patah semangat, tetapi juga cepat pulih kembali.
  • Kelebihannya : lebih senang memperhatikan hal-hal baik.
  • Bencananya : terkena sanja-baya, difitnah orang.
  • Hari naas :. Senin Kliwon.
  • Hari baik : tidak jelas.
Untuk mencegah agar terhindar dari bencana perlu mengadakan slametan dengan menyediakan aneka jajan pasar dan jadah dengan harga 25 dhuwit (uang yang jumlahnya 25 buah, boleh logam ataupun kertas) disertai doa keselamatan.
Selain itu, setelah slametan, setiap datangnya siklus waktu wuku Wuye (210 hari sekali) yang berlangsung selama 7 hari yang saat ini berlangsung mulai 19 Pebruari sampai dengan 26 Pebruari 2011, yang bersangkutan tidak boleh pergi ke arah Barat, karena tempat bersemayam bencana yang digambarkan sebagai Batara Kala ada di Barat.
herjaka HS

Posting Komentar untuk "WUKU WUYE Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap "

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu