WUKU TAMBIR Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap

WUKU TAMBIR
Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 29 Januari 2011 sampai dengan 5 Pebruari 2011



Watak seseorang terbentuk oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor bawaan, yang dibawa sejak bayi itu lahir. Selain berdasarkan hari kelahiran dan pasaran kelahiran, watak bawaan seorang bayi dapat dikenali berdasarkan wukunya.

Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap wuku berumur satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.
Berdasarkan perhitungan bulan, bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan yang dihitung mulai dari hari Sabtu 29 Januari 2011 jam 6 sore, sampai dengan hari Sabtu 5 Pebruari 2011, jam 6 sore, masuk dalam wuku Tambir, wuku yang berada pada urutan nomor sembilanbelas. Nama wuku Tambir mengambil nama dari anak Prabu Watugunung dan Dewi Sinta yang nomor tujuhbelas dengan nama RadenTambir..
WUKU TAMBIR Watak Dasar Bayi
karya herjaka HS
Penggambaran Wuku Tambir:
Raden Tambir (kiri) menghadap Batara Siwah
Pohonnya adalah pohon Upas, tidak dapat untuk perlindungan
Burungnya adalah burung Prenjak, suka pamer tanpa kenyataan
Gedhongnya ada tiga dan tertutup, artinya cethil/kikir, tamak, tidak mau berbagi akan anugerah Tuhan.
Ciri watak Wuku Tambir
  • Dewa yang menaungi wuku Tambir adalah Batara Siwah.
  • Kelebihannya : Mempunyai wibawa besar, kuat dalam pendirian/kemauan, dan hemat
  • Kekurangannya : karena saking hematnya sehingga cenderung kikir. Mempunyai sifat palsu, antara lahir dan batin tidak sesuai, serta angkuh
  • Bencananya : karena difitnah orang.
  • Hari naas: Senin wage
  • Hari baik: tidak menentu
Untuk mencegah agar terhindar dari bencana perlu mengupayakan slametan. Caranya : membuat nasi pulen yang diliwet/dimasak dengan cara di-dang (memakai kukusan) dengan lauk daging ayam putih mulus, dan bebek merah dimasak pindang. Rujak timun lanang, disertai doa keselamatan.
Selain itu, setelah slametan, selama 7 hari pada saat datangnya siklus waktu wuku Tambir yang bersangkutan tidak boleh pergi ke Barat, tempat bersemayamnya Batara Kala.
herjaka HS

1 komentar untuk "WUKU TAMBIR Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap "

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu