WUKU MANAHIL Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap

WUKU MANAHIL
Watak Dasar Bayi
yang lahir pada 26 Pebruari 2011 sampai dengan 5 Maret 2011




Watak seseorang terbentuk oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor bawaan, yaitu watak yang dibawa sejak bayi itu lahir. Watak bawaan ini banyak dipengaruhi berdasarkan hari kelahiran dan pasaran kelahiran. Melalui hari dan pasaran kelahiran tersebut akan dikenali Wuku dan dari Wuku itulah akan dikenali karakter dan watak seseorang.
Ada 30 wuku yang masing-masing wuku mempunyai wataknya sendiri-sendiri. Setiap wuku berumur satu minggu. Sehingga keseluruhan wuku mempunyai siklus waktu 1 minggu x 30 = 30 minggu atau 210 hari. Pengetahuan tentang wuku disebut pawukon.
Berdasarkan perhitungan bulan, bayi yang lahir pada kurun waktu satu minggu ke depan yang dihitung mulai dari hari Sabtu 26 Pebruari 2011 jam 6 sore, sampai dengan hari Sabtu 5 Maret 2011, jam 6 sore, masuk dalam wuku Manahil, wuku yang berada pada urutan nomor duapuluh tiga.
Nama Manahil diambil dari nama anak Prabu Watugunung dan Dewi Sinta yang nomor duapuluh satu. Raden Manahil ini mempunyai saudara kembar yang bernama Raden Prangbakat. Orang yang bernaung pada wuku Manahil ini secara umum akan mempunyai watak yang digambarkan sebagai berikut.
WUKU MANAHIL Watak Dasar Bayi
karya herjaka HS

gambar di atas adalah penggambaran dari Wuku Manahil.
Raden Manahil menghadap Batara Citragatra.

Batara Citragatra ini mempunyai watak yang angkuh, sombong, gumedhe selalu menganggap dan merasa dirinya besar. Ia senang berkumpul tidak menyendiri, tetapi besar rasa cemburu dan kecurigaannya. Batara Citragatra membawa tombak ligan terhunus. Ini menggambarkan cerdas dan tajam hatinya serta selalu waspada.
Hubungan antara Raden Manahil dan Batara Citragatra ini seperti hubungan antara guru dan murid. Sehingga watak dan perilaku gurunya sebagian besar mempengaruhi muridnya.
Pohonnya adalah pohon atau kayu Tengaron, menggambar watak yang rajin tetapi kurang bermanfaat.
Burungnya adalah Burung Sepahan, menggambarkan perilaku yang gesit, detail, rumit, mudah mencari nafkah tetapi sedikit rejekinya.
Gambar air di tempayan menggambarkan bahwa wuku Manahil senang suasana yang damai, tenang dan menentramkan. Untuk mewujudkan suasana yang menyejukkan tersebut orang yang bernaung dalam Wuku Manahil ini selalu menjaga bicaranya dan tingkah lakunya.
Wuku Manahil mudah terjerumus karena kebaikannya, terutama kepada temannya yang sedang mengalami kesusahan
Dari keseluruhan watak yang ada Wuku Manahil mempunyai :
Kelebihan : tekun, rajin, cerdas dan suka berdamai
Kekurangannya : Sombong, merasa besar sehingga meremehkan orang lain. Dan penuh kecurigaan
Hari baik : Minggu Legi
Hari naas: tidak jelas
Datangnya bencana terkena senjata tajam.

Hal bencana dapat dihindarkan dengan membuat selamatan. Tujuannya supaya selamat, yaitu dengan menanak nasi ‘lemes’ dengan cara di ‘dang’, lauknya daging ayam jantan serta sayuran aneka macam dan sambal gepeng disertai doa keselamatan.
Selain itu, setelah selamatan, selama 7 hari saat siklus waktu wuku Manahil berlangsung, yang saat ini mulai dari 26 Pebruari sampai dengan 5 Maret 2011, yang bersangkutan tidak boleh pergi ke arah Timur Laut, karena tempat bersemayam bencana yang digambarkan sebagai Batara Kala ada di Timur Laut.
herjaka HS

Posting Komentar untuk "WUKU MANAHIL Watak Dasar Bayi | primbon jawa lengkap "

bulu perindu
Ilmu Pelet Ampuh
bulu perindu